Cara Memilih Balon Untuk Dekorasi

Udin badut - ada beberapa pertanyaan yang sering kak udin terima mengenai "Cara memilih Balon yang Bagus Untuk Dekorasi", oke langsung saja. saya akan menjelaskan beberapa jenis balon yang sering saya gunakan berdasarkan pengalaman pribadi dalam dekorasi ulang tahun

Balon terbuat dari getah karet yang di rubah menjadi latex kemudian di campur dengan zat kimiawi dan pewarna supaya bisa di cetak menjadi balon. dalam penggunaannya ada beberapa jenis balon yang sering di pakai dalam dunia dekorasi yaitu : 


  • Balon Bulat
saya namakan Balon bulat karena bentuknya bulat agak lonjong, balon bentuk ini paling sering digunakan dalam dunia dekorasi dan ukurannya pun beragam. ukuran yang di gunakan dalam balon ini menggunakan standar inchi, mulai dari 3 inchi (waterboom), 5 inchi, 9 inchi, 11/12 inchi, 16 inchi, 24 inchi, 30 inchi, hingga 72 inchi 


ukuran balon bulat ( balon latex)
sumber gambar : https://goo.gl/4RuZJG

  • Balon Panjang / balon Pentil
Balon Panjang/ Pentil biasa di gunakan untuk mengasah kreatifitas dalam dekorasi, dinamakan balon panjang karena balon ini bulat panjang, sedangkan dinamakan balon pentil karena ada jenis balon yang memang bentuknya seperti karet pentil. meniup balon ini mesti menggunakan pompa khusus, karena kita akan kesulita meniup balon pentil dengan menggunakan udara yang kita salurkan melalui mulut. ada tiga ukuran umum yang saya kenal dan dijual di pasaran indonesia yaitu : 

  1. 160 ( 1 inchi diameter, 60 inchi panjang dalam keadaan tertitup full ) 
  2. 260 ( 2 inchi diameter, 60 inchi panjang dalam keadaan tertitup full )
  3. 360 ( 3 inchi diameter, 60 inchi panjang dalam keadaan tertitup full )

contoh sederhana penggunaan balon pentil / balon panjang
sumber gambar:  https://goo.gl/kHhhek
contoh penggunaan balon panjang/pentil yang lebih kompleks
sumber gambar ; https://goo.gl/dfZqGg


Balon panjang ( balon pentil/magic) bisa kita bentuk menjadi berbagai macam imitasi karakter, seperti pohon, bunga, benda bahkan binatang. di jepang dan eropa sudah banyak yang tertarik pada teknik teknik membentuk balon pentil, di indonesia pun banyak kita temuai balloon artist seperti :

1. Kak Maureen dari partylab.id ( klik untuk lihat karya beliau di instagram)
2. Teman teman dari adalima.com ( klik untuk lihat karya adalima di instagram)

itu beberapa orang ballon artis yang piawai membentuk balon magic (pentil/panjang), selain kedua jenis balon ini, ada satu lagi jenis balon yang umum ada di pasaran yang akan saya bahas yaitu :
  • Balon link 
Balon Link adalah kombinasi balon bulat dan balon panjang, di gunakan keperluan dekorasi untuk mengikat satu balon dengan balon lainnya menjadi lebih mudah, ukuran yang ada pun beragam mulai dari 9 inchi dan seterusnya.

Balloon link dalam keadaan sudah tertiup
sumber gambar : https://goo.gl/zUXBUp
balon link dalam penggunaannya di dunia dekorasi balon
balon link dalam keadaan belum tertiup
sumber gambar : https://goo.gl/wPT5Km

Nah, sekarang pasti sudah tahu kan gambaran besar balon apa saja yang bisa digunakan dalam dunia dekorasi, anda bisa memilih balon pentil, balon bulat atau balon link tergantung kebutuhan anda dalam penggunaannya. 

semoga artikel ini bermanfaat ya, lain waktu saya akan menjelaskan juga ada balon foil dan lain sebagainya. terima kasih. 


Comments

Popular posts from this blog

Memilih Antara Balon Karbit Atau Helium

Mengapa Balon dekorasi saya menjadi kusam setelah beberapa waktu ?

Dekorasi Sederhana Panggung Perpisahan SD Negeri 15 Tangerang